Besok Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Kunjungi Lokasi Penemuan Patung yang Diduga Benda Bersejarah di Pinrang

SERATUSNEWS.ID, PINRANG — Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan (Sulsel), dijadwalkan akan melakukan penelitian terhadap batu yang menyerupai manusia yang ditemukan oleh seorang buruh bangunan di jalan Melati, Kelurahan Penrang, Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang H.Muh Alimin mengatakan, pihaknya telah mengunjungi batu menyerupai manusia itu.

“Kita juga foto batu yang dinilai benda bersejarah tersebut ” kata dia saat ditemui seratusnews.id di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020).

Hanya saja kata dia, untuk memastikan benda tersebut peninggalan zaman kerajaan atau bukan, perlu penelitian lebih lanjut.

Menurut dia, Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulsel akan mengunjungi lokasi itu pada Selasa (11/2/2020) besok.

“Mereka akan melakukan penelitian terhadap benda tersebut, termasuk tanah tempat penemuan benda itu,” jelasnya.

Jika memungkinkan kata dia, tim akan melakukan penggalian terhadap lokasi yang ada di sekitarnya.

“Kemungkinan masih ada benda-benda serupa yang ada di sekitarnya.”

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang buruh bangunan menemukan sebuah benda yang menyerupai artefak atau peninggalan benda-benda bersejarah saat menggali pondasi rumah di jalan Melati, Kelurahan Penrang, Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Penemu benda menyerupai artefak itu, Syahdan mengaku, benda yang diduga artefak kuno berbentuk patung manusia itu ia temukan saat menggali pondasi, saat itu ia merasa linggis yang gunakan menggali tanah terbentur benda keras.

“Saya berusaha menghancurkan benda keras itu, namun tidak bisa,” kata dia, saat ditemui di lokasi penemuan, pada Minggu (9/2/2020) kemarin.

Sehingga lanjut dia, benda tersebut digali secara keseluruhan dan diangkat ke atas permukaan tanah, dan ternyata benda itu menyerupai patung perempuan.

Menurut dia, benda sepanjang 120 sentimeter dengan lebar 38 sentimeter ini, membutuhkan 4-5 orang dewasa untuk mengangkatnya. (sr/ag)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Wabup Pinrang Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ ke-31

Sen Feb 10 , 2020
SERATUSNEWS.ID, PINRANG — Wakil Bupati (Wabup) Pinrang, Alimin memimpin rapat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-31 tingkat Kabupaten Pinrang, di Ruang Rapat Bupati, Senin (9/2/2020). Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Pinrang, rencananya akan berlangsung 24 hingga 29 Februari 2020 mebdatang yang akan dipusatkan di Desa Malimpung,,Kecamatan Patampanua. Dalam pelaksanaan MTQ nantinya, […]

You May Like