Kemkominfo: Anomali Hujan Deras Saat Bulan Purnama 10-15 Januari 2020 (HOAX)

SERATUSNEWS.ID, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia melalui situs resmi kominfo.go.id meng-counter¬†informasi yang beredar di media sosial.

Beredar sebuah postingan di media sosial Facebook imbauan dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yang berisi peringatan untuk Indonesia bagian tengah khususnya Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara agar bersiap menghadapi anomali hujan deras 10-15 Januari 2020. Ini akan diperburuk dengan bulan purnama yang jatuh tanggal 11 Januari 2020, masuk kategori informasi palsu atau Hoax.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Nur Asia Utami membantah kebenaran pesan tersebut. Setelah diverifikasi, isi pesan dipastikan tidak valid. Keterangan tersebut juga bukan berasal dari BMKG.

Menurut pengamatan BMKG, belum ada potensi anomali hujan deras atau cuaca ekstrem pada umumnya di wilayah Sulsel. Pada awal hingga pertengahan Januari, intensitas hujan di sebagian besar wilayah dalam kategori ringan hingga sedang. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK