Video: Apel Kesiapsiagaan Bencana di Kodim 1405 Mallusetasi

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Rabu (8/1/2020) pagi, unsur Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Parepare dan Kabupaten Barru, beserta ratusan stakeholder yang terdiri dari aparat TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, Pramuka, Karang Taruna, Damkar, Satpol PP, Dinas Sosial dan komponen lainnya, menggelar apel kesiapsiagaan bencana di halaman Kodim 1405 Mallusetasi Parepare.

Komandan Kodim 1405 Malluserasi, Letkol Kav Ali Syahputra Sireg saat menyampaikan amanat mengatakan, apel kesiapsiagaan bencana ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti instruksi Panglima TNI dan Kapolri agar pemerintah daerah melakukan apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana di masing-masing daerah.

“Hari ini unsur Forkopimda Parepare serta Kabupaten Barru dan sejumlah unsur lainnya, mengikuti apel kesiapsiagaan bencana, yang diharapkan seluruh instansi yang terkait dapat maksimal untuk menghadapi situasi perubahan alam yang kita ketahui bersama bahwa bencana dapat terjadi kapan saja, sehingga kita harus sinergis seluruh lapisan masyarakat yang ada untuk mengantisipasi,” ujar Ali Syahputra.

Selain itu, lanjutnya, ada kesiapan melakukan upaya-upaya tindak lanjut dalam rangka melakukan perbaikan-perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul manakala terjadi peristiwa bencana.

Sebelumnya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Doni Monardo mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) atau Inpres yang mewajibkan pemerintah daerah menyusun rencana penanggulangan bencana alam. Ini dinilai perlu dilakukan mengingat bencana alam kerap terjadi di Indonesia.

Dengan Inpres itu, maka diharapkan seluruh komponen bisa mengingatkan pemerintah daerah ambil langkah kesiapsiagaan dan mitigasi bencana. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK