Video: Detik-detik KRI Tjiptadi-381 Usir Kapal Coast Guard Tiongkok di Perairan Natuna Utara

SERATUSNEWS.ID, NATUNA — Laut Natuna kembali memanas pasca diklaim oleh China sebagai wilayah teretorialnya, belum lama ini beredar video Kapal perang milik TNI Angkatan Laut KRI Tjiptadi-381 berupaya mengusir kapal Coast Guard Tiongkok di perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau pada hari Senin (30/12) lalu.

Kapal penjaga pantai yang diusir itu sedang mengawal kapal ikan Tiongkok yang beroperasi di wilayah Natuna.

Sementara itu, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, dalam siaran pers tertulis Puspen TNI, menyatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melaksanakan pengendalian operasi siaga tempur terkait dengan adanya pelanggaraan di wilayah perairan laut Natuna Utara.

Sebelum bertolak dari Lanud Halim Perdana Kusuma menuju Natuna, Pangkogabwilhan I di hadapan awak media, menyampaikan bahwa operasi siaga tempur ini dilaksanakan oleh Koarmada1 dan Koopsau 1 dengan Alutsista yang sudah tergelar yaitu 3 (tiga) KRI dan 1 (satu) Pesawat intai maritim dan 1 (satu) pesawat Boeing TNI AU. Sedangkan dua KRI masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna, Jum’at (3/1/2020).

“Operasi ini digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara,” jelasnya, seperti dikutip dalam pesan tertulis Pusat Penerangan (Puspen) TNI.

Laksdya TNI Yudo Margono menambahkan bahwa sekarang ini wilayah Natuna Utara menjadi perhatian bersama, sehingga operasi siaga tempur diarahkan ke Natuna Utara mulai tahun 2020. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK