Video: Hebat, Siswi SMA Negeri 7 Pinrang Ciptakan Obat Kanker dari Daun Siri Merah

SERATUSNEWS.ID, PINRANG — Bermula dari kekhawatiran adanya jenis obat penghambat sel kanker yang tidak lagi ditanggung oleh BPJS, membuat para siswi SMA Negeri 7 Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), tertarik untuk melakukan penelitian guna menciptakan jenis obat baru dari bahan herbal yang mudah ditemukan bahannya.

Penelitian ini pun kini berbuah manis, pasalnya, obat herbal hasil penelitian para siswi SMA Negeri 7 Pinrang ini, pernah menjuarai lomba kreasi inovatif yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pinrang, belum lama ini.

Kepala sekolah SMA Negeri 7 Pinrang Drs. Ikhwan Matu, M.Pd mengungkapkan, obat penghambat sel kanker ini, berbahan dasar dari daun siri merah (Piper crocatum) atau dalam bahasa daerah setempat dikenal dengan istilah “daung ota cella” maka dari itu, diberi nama “Redota”, hanya saja, untuk menyamarkan rasa daun siri yang khas maka diberi tambahan kayu manis.

“Kami berharap ada pihak yang membantu, agar para siswi kami melakukan penelitian lanjutan obat sel penghambat kanker ini agar lebih mantap,” harapnya.

Saat ditemui seratusnews.id di ruang Laboratorium Kimia SMA Negeri 7 Pinrang, para siswi ini mempraktekkan cara mengolah daun siri merah itu hingga siap untuk diminum.

Pengolahannya pun masih sangat sederhana, daun siri merah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu ditambah dengan potongan kayu manis, kemudian diseduh dengan air mendidih seperti layaknya teh.

“Ini bermula dari kebiasaan keluarga kami mengkonsumsi daun siri sebagai obat, setelah kami mengetahui ada jenis obat yang tidak lagi ditanggung oleh BPJS, maka kami tertarik melakukan penelitian obat dari bahan herbal ini,” jelas Naila Putri, salah seorang siswi SMAN 7 Pinrang.

Lebih lanjut Naila berharap, agar obat herbal anti kanker ini, bisa diproduksi secara massal sehingga bisa terjangkau oleh masyarakat umum, khususnya kalangan bawah.

Dari penelusuran beberapa sumber menjelaskan, bahwa tanaman merambat daun siri merah ini diketahui mengandung ekstrak etanol yang dapat menghambat proliferasi sel kanker yang merupakan salah satu penyebab penyakit paling mematikan di dunia ini. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK