Paus Kepala Kotak Berukuran 9 Meter Terdampar di Mamuju

Foto Dok. Istimewa: Ikan paus berukuran 9 meter ditemukan mati terdampar di Pantai Babalalang, Mamuju.

SERATUSNEWS.ID, MAMUJU — Warga Desa Beru-beru, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), dikejutkan dengan adanya seekor ikan paus yang terdampar di pesisir laut Babalalang, Kamis (2/1/2020).

Diduga ikan Paus jenis Sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) ini terdampar di pesisir laut Babalang, lantaran terbawa arus deras setelah perairan Mamuju diguyur hujan deras sejak semalam.

Praktis dengan adanya temuan ikan paus yang tergolong langka ini, langsung menarik perhatian warga yang melintas dan bahkan ada yang sengaja mendatangi lokasi hanya sekadar untuk mrngabadikannya dengan kamera ponsel miliknya.

“Panjangnya sekitar 9 meter, dan ditemukan salah seorang nelayan bernama Saharuddin pagi tadi,” kata Rahmat, salah seorang warga Desa Beru-beru, seperti dikutip di kumparan.com.

Sumber Wikipedia menyebutkan, Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia.

Paus ini dinamakan karena bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma.

Kepala Paus Sperma yang besar dan bentuk keseluruhannya yang berbeda, ditambah lagi kemunculannya dalam novel Moby-Dick yang ditulis oleh Herman Mellville, membuatnya dikenal sebagai paus arketipe (*/ag).

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK