Lagi Viral, Minuman Herbal Obat Kanker Temuan Siswi Asal Pinrang

SERATUSNEWS.ID,PINRANG – Siapa sih yang tidak kenal dengan Tanaman sirih. Daun Tanaman sirih ini memang dikenal kaya akan manfaat. Ekstrak alkohol dari daun sirih di ketahui mampu meningkatkan harapan pengobatan bagi pasien leukimia myloid kronis (CML). CML sendiri bentuk paling umum dari leukimia yang banyak menyerang orang dewasa.

Di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan baru baru ini sedang banyak dibicarakan warga tentang Siswi SMA 7 Pinrang Kelurahan Manarang Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Berawal dari lomba inovasi sekolah yang digelar Bappeda Pinrang, Nayla Putri dan rekan rekannya memperkenalkan inovasi mereka dalam meracik obat herbal yang berbahan dasar daun sirih merah.

Minuman herbal buatan nayla,konon bisa menjadi obat alternatif pencegah kanker. Menurut bebrapa penelitian,daun sirih ini memang punya senyawa yang mampu menahan laju pertumbuhan sel kanker. Hasil ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.

Dimana dalam penelitian ini tim penguji melihat bahwa senyawa hydroxychavicol (HCH) yang merupakan komponen utama dari ekstrak alkohol daun sirih bisa membantu meredam kanker.

Berdasarkan penelitian terdahulu dalam jurnal Science Cancer, senyawa HCH tak hanya mampu membunuh sel-sel kanker CML, tetapi juga membunuh sel kanker yang kebal terhadap pengobatan tanpa merusak sel darah normal pada tubuh manusia.

” Sebenarnya sebelum lomba,saya dan keluarga dirumah sering mengkonsumsi ini,jadi pas ada lomba coba saya perkenalkan dengan teman teman kelompok saya ” terang Nayla saat ditemui di sekolahnya.

Oleh Nayla,racikan herbal buatannya ini di beri nama Red Ota, red diambil dari warna daun sirih yang berwarna merah,dan Ota yang berasal dari bahasa bugis yang berarti sirih.

Sebelum digunakan daun sirih merah ini terlebih dahulu di jemur hingga benar benar mengering. Setelah itu daun sirih merah ini,siap untuk diseduh. biasa diseduh seperti menyiapkan teh. Rasanya yang pahit dan sepat,di netralisir dengan menambahkan kayu manis.

” Harapan saya sih nantinya ini bisa di produksi massal dan bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat” lanjut Nayla.

Hingga saat ini Nayla dan rekan rekannya masih terus membuat racikan herbal daun sirih merah. Soalnya beberapa orang kerap meminta untuk dibuatkan. nayla sendiri mengaku masih terus mengkonsumsinya denagn keluarga. (rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK