Polisi Berhasil Menangkap WNA Malaysia Pembobol ATM yang Selama Ini Beraksi di Makassar

SERATUSNEWS.ID, MAKASSAR — Jajaran Kepolisian Kota Besar (Polrestabes) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), berhasil mengungkap kasus pembobolan Anjungan Tunau Mabdiri (ATM) yabg selama ini beraksi di kota Makassar.

Hal ini terungkap saat digelar Press conference
di mako Polrestabes Makassar, Jumat (27/12/2019) sore.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengungkapkan, pelaku yang berhasil diamankan yakni Azmi bin Abdullah (35) merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia.

Pengungkapan kasus ini bermula ketika tersangka ditemukan oleh petugas ATM BNI yang sementara melakukan preparing di gerai ATM BNI Jalan Penghibur Kota Makassar.

“Petugas curiga melihat tersangka melakukan terangsaksi di ATM karena membawa kartu ATM yang banyak tidak sama dengan ATM milik BNI,” ungkap Kombes Pol Yudhi.

Tersangka kemudian diamankan ke posko Pam di Jalan Penghibur kemudian diamankan oleh Satuan Reskrim Polrestabes Makassar.

“Anggota kami melakukan pengembangan di hotel tempat tersangka menginap dan menemukan pakaian dan uang tunai hasil skimming tersangka,” ucap Kombes Pol Yudhi.

Selain itu polisi juga menyita 44 kartu member yang digunakan menyimpan data sejumlah nasaba bank Indonesia dicurigai dengan menggunakan modus skimming.

Kombes Pol Yudhi mengungkapkan tersangka bekerja dari seorang yang dipanggil Bro merupakan warga Negara Bulgaria sementara berada di Malaisya.

Sementara Azmi datang sendiri dari Kuala Lumpur langsung ke Kota Makassar menggunakan pesawat.

“Bisa diduga ini merupakan sindikat internasional,” kata Kombes Pol Yudhi.

Barang bukti yang diamankan Sat Reskrim Polrestabes Makassar berupa uang tunai Rp 100 juta dan kurang lebih 80 Ringgit Malaisya, laptop, paspor, 44 kartu member, 3 kartu warna ping, tas travel, petah wilayah, tiket pesawat.

Polisi menjerat tersangka dengan pasal berlapis, yakni Pasal 30 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE serta Pasal 362 KUHP. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK