Gerhana Matahari Parsial Terpantau Melalui LAPAN Parepare

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan pemantauan Gerhana Matahari Cincin.

Petugas penginderaan jarak jauh LAPAN Parepare, Iksan mengungkapkan, sebagian daerah Indonesia hari ini dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin dan sisanya akan mendapatkan Gerhana Matahari Sebagian (Gerhana Matahari Parsial). Gerhana Matahari Parsial adalah dimana piringan matahari hanya akan tertutup sekitar 72,1 persen saja, termasuk di wilayah Kota Parepare.

Foto: Penampakan Gerhana Matahari Parsial di Kota Parepare pukul 14.00 Wita

“Jadi kami di LAPAN Parepare, tidak secara khusus melakukan pemantauan Gerhana Matahari Cincin, hanya saja kita juga turut andil untuk memantau, dan kegiatan ini adalah kegiatan rutin,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, puncak gerhana matahari yang terjadi di Kota Parepare itu sekira pukul 14.00 wita, dan itu bisa terpantau melalui teropong manual dan otomatis milik LAPAN Parepare.

Sementara itu dari pantauan seratusnews.id, sekira pukul 13.45 Wita, langit di Kota Parepare, tampak mendung dan berawan, akibatnya masyarakat setempat tidak bisa menyaksikan langsung fenomena alam Gerhana Matahari Cincin, Kamis (26/12/2019).
 
Syamsul, salah seorang warga Jalan Andi Makkasau Parepare mengaku, jika ia ingin sekali menyaksikan langsung fenomena alam Gerhana Matahari Cincin ini dari kediamannya yang berada di Kecamatan Ujung.

“Sayang sekali karena kondisi mendung, kami tak bisa melihat langsung peristiwa Gerhana Matahari Cincin ini,” kata Syamsul. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK