Perpindahan Ibu Kota Baru Diprediksi Memberikan Dampak Baik bagi Perekonomian Sulsel

Foto : Maket Ibu Kota baru (dok Kementerian PUPR)

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur (Kaltim), diprediksi akan memberikan dampak positif bagi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), terutama pada sektor perekonomian yang akan membaik

Hal ini dikatakan oleh salah seorang pengusaha kapal swasta Kota Parepare, H. Syamsul Latanro (HSL). Menurutnya, suplai kebutuhan ke Kaltim itu akan lebih banyak permintaan, misalnya bahan bangunan serta kebutuhan pokok.

“Calon Ibu kota dekat dengan Parepare, dan saya yakin akan berdampak pada sektor perekonomian di kota ini akan membaik, karena adanya permintaan kebutuhan seperti bahan bangunan untuk menunjang proyek serta kebutuhan pokok lainnya itu akan meningkat,” ungkapnya.

Selain Parepare kata HSL, Ibu kota ini nantinya dekat Makassar, Barru, Majenne, Palu, dan daerah ini semua yang akan menjadi penyanggah peningkatan roda perekonomian di Sulsel.

“Mobilisasi barang-barang dari daerah itu nantinya seperti kebutuhan pokok diantarnya beras, sayur-sayuran, telur, semuanya melalui jalur Pelabuhan Nusantara Parepare karena paling dekat dengan Kaltim,” bebernya. 

Selain itu, berpindahn Ibu kota nantinya juga akan berpengaruh aktifnya perusahaan ekspedisi pengangkutan di Parepare.

“Sektor jasa ekspedisi akan berkembang juga untuk pengiriman barang ke Kaltim,” tambahnya.

Olehnya itu, kata HSL, semestinya pihak PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) untuk mengusulkan ke pemerintah pusat agar dilakukannya perluasan dermaga pelabuhan. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK