Sensasi Nikmatnya Ikan Terbang yang Bikin Serasa Terbang

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Melancong ke Parepare, Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk mampir mencicipi kuliner khas ikan tuing-tuing bakar di Kelurahan Sumpang Minagae, Kecamatan Bacukiki Barat. Ikan yang disajikan ini adalah ikan terbang, atau dikenal oleh masyarakat setempat dengan istilah ikan tuing-tuing yang berasal dari bahasa Mandar yang artinya terbang.

Warung ikan tuing-tuing terbang yang paling terkenal di Parepare ini, adalah milik Amirullah Lantonga, lokasinya cukup strategis karena berada tidak jauh dari salah satu ikon Kota Parepare, yakni Tonrangeng River Side. Menu utama di warung ikan bakar miliknya memang adalah ikan terbang, biasa juga disebut tarawani.

Meski keberadaan ikan jenis ini musiman, namun Amirullah selalu berusaha mendapatkan ikan terbang ini, meski harus berburu sampai keluar daerah.

“Ikan ini kan musiman, jadi hanya tersedia pada musim-musim tertentu saja, tapi kami berusaha mendapatkannya dengan berburu ikan terbang hingga keluar daerah,” terang Amirullah saat ditemui di warung miliknya.

Salah satu yang membuat ikan terbang bakar miliknya diburu pelanggan adalah, sambal tuing-tuing khas Amirullah. Mencocol daging ikan terbang ke dalam sambal ini, memang memiliki sensasi tesendiri dan menambah kenikmatannya. Sambal ini diracik khusus sebagai pelengkap ikan bakar tuing-tuing.

Tidak hanya ikan terbang tuing-tuing, Di warung milik Amirullah ini, juga menyiapkan ikan jenis lain, baik ikan air tawar, maupun ikan laut. Harga yang dipatok pun sangat terjangkau, tergantung dari jenis ikan dan ukurannya. Untuk penyajian, biasanya Amirullah dibantu oleh sang anak, Ibnu Hajar Amrullah. Ibnu biasanya bertugas di pembakaran untuk memastikan ikan yang dibakar sudah siap untuk disantap.

Untuk ikan jenis lainnya, pengunjung bisa memesannya dalam bentuk penyajian yang berbeda. Seperti dimasak, digoreng ataupun dibakar. Kenikmatan ikan tuing-tuing ini juga dilengkapi dengan Lawa khas bugis.

Lawa atau lawar khas Bugis ini, berbahan dasar daging ikan teri yang dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibakar dan diperasi jeruk nipis buatan Amirullah ini, konon menjadi salah satu lawa terbaik di Parepare, dan dipercaya berkhasiat menambah stamina agar lebih kuat, terutama bagi kaum lelaki. (rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK