Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Mengimbau Warga Untuk Berkontribusi Kurangi Produksi Sampah Plastik

SERATUSNEWS.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) H.M.Nurdin Abdullah mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada untuk turut berkontribusi mengurangi produksi sampah plastik.

Nurdin Abdullah mengungkapkan, menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia masuk dalam peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke Laut setelah China, sampah kantong plastik yang dihasilkan oleh toko retail dalam waktu satu tahun dapat mencapai 10,95 juta lembar sampah kantong plastik, jumlah tersebut ternyata setara dengan luasan 65,7 hektare kantong plastik atau sekitar 60 kali luas lapangan sepak bola.

“Jumlah tersebut tentunya sangat memprihatinkan kita demi menjaga kelestarian bumi, dimana sampah plastik khususnya dalam bentuk kantong, membutuhkan waktu 20 hingga 1.000 tahun untuk dapat terurai,” kata Nurdin, pada akun facebook miliknya, Kamis (19/12/2019).

Lebih lanjut dikatakan, hal ini tentu sangat membahayakan lingkungan dan dapat mempengaruhi kesuburan tanah, memberikan pengaruh terhadap terserapnya air ke dalam tanah serta memberikan pengaruh terhadap kerusakan ekosistem dan kelangsungan kehidupan makhluk hidup termasuk yang ada di laut.

“Atas kondisi tersebut, saya mengajak Kita semua untuk menjaga lingkungan dengan tidak menggunakan kantong plastik, hal tersebut sejalan dengan langkah yang dilakukan Pemkot Makassar saat ini dengan melakukan sosialisasi peraturan wali kota (Perwali) Makassar no.70 tahun 2019 tentang Pengendalian Penggunaan Kantong Plastik,” katanya.

Nurdin Abdullah berpesan, sekecil apapun langkah untuk meyelamatkan lingkungan, akan berdampak untuk kelangsungan hidup anak cucu kita kelak. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK