Pelindo IV Kini Miliki Inovasi Pelayanan Berstandar Internasional di TPM

SERATUSNEWS.ID, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggelar Tasyakuran dan Peresmian Inovasi Pelayanan yakni Website, Kios-K, Loket Pelayanan dan Lobby, Shore Connection, Penambahan RTG, VTIS, Berthing Light, ID Card System dan Elektrifikasi CC di Cabang Terminal Petikemas Makassar (TPM), Rabu (18/12/2019 ).

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi semua inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Manajemen Terminal Petikemas Makassar (TPM). “Kami mendukung penuh apa yang sudah dilakukan. Diharapkan dengan berbagai inovasi yang dilakukan ini, kedepan bisa lebih meningkatkan ekspor dari selama ini hanya 4 kapal perbulan menjadi 5 kapal perbulan,” katanya.

Menurutnya, TPM merupakan pilot project untuk inovasi pelayanan di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo IV, bahkan di Indonesia dan di dunia.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang TPM, Yosef Benny Rohy mengatakan, beranjak dari keinginan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan kepada konsumen, maka pihaknya meresmikan Website, Kios-K, Loket Pelayanan dan Lobby, Shore Connection, Penambahan RTG, VTIS, Berthing Light, ID Card System dan Elektrifikasi CC.

“Berthing Light di TPM adalah salah satu inovasi layanan yang baru pertama kali ada di dunia. Berthing Light yaitu lampu indikator yang berfungsi memberikan tanda posisi berthing kapal. Tujuannya, memudahkan kapal untuk sandar di dermaga dan untuk keselamatan fasilitas pelabuhan dan kapal,” jelas Yosef.

Menurutnya, semua inovasi pelayanan yang dilakukan selain untuk mendukung green port dengan adanya elektrifikasi, juga untuk mengurai kepadatan kapal akibat aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan yang cukup tinggi setiap akhir tahun. ‘Tahun ini trafik di TPM menembus angka 650.000 TEUs. Jumlah itu bertumbuh sebesar 4% dari tahun lalu,” ujarnya.

Pihaknya bersyukur karena telah berhasil memberikan pelayanan terbaik dan bertaraf internasional kepada konsumen, khususnya bagi pengguna jasa kepelabuhanan. Serta telah berusaha memberikan kepuasan kepada pelanggan, khususnya di Terminal Petikemas Makassar.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya akan terus mengembangkan kualitas pelayanan dengan menerapkan kebijakan yaitu “Pelayanan dengan Ketepatan Waktu, Keamanan dan Terpercaya dengan Standar Internasional.”

Dia berharap agar kedepan pihaknya dapat meningkatkan pelayanan dengan lebih baik lagi, sesuai dengan cita-cita dan harapan untuk lebih memajukan Kantor Terminal Petikemas Makassar menjadi salah satu perusahaan yang terbaik dalam pelayanan. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK