DPR RI Dorong BTN Tingkatkan KPR Bagi Milenial

SERATUSNEWS.ID, JAKARTA – Komisi XI DPR RI terus mendorong Bank Tabungan Negara (BTN) untuk terus fokus meningkatkan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang difokuskan bagi kalangan milenial. Sebagaimana disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Harry Poernomo, menurutnya generasi milenial adalah segmen pasar yang cukup potensial.

“Dari beberapa diskusi dengan HIMBARA dan sebagainya, menyasar generasi muda atau milenial, ini segmen pasar yang potensial menjadi kelas menengah, artinya memiliki daya beli yang lebih baik dari generasi sebelumnya,” kata Harry dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI DPR RI bersama Direktur Utama BTN Pahala N. Mansyuri dan jajarannya di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Oleh karena itu, politisi Partai Gerindra ini berharap terciptanya inovasi dalam membuat sistem perumahan yang efisien dan terjangkau. BTN perlu melakukan sinergi dengan BUMN lainnya. “Yang peting BTN, jangan sampai mis-management sehingga fraud, jadi fokus saja ke mortgage bank, jangan silau ke sektor yang lain,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia juga menyampaikan, pihaknya terus mendorong BTN untuk berkomitmen dalam meningkatkan kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan milenial. 

“BTN ini kan mendapat tugas yang sangat mulia, yaitu menyediakan rumah bagi MBR dan juga untuk milenial. Nah, saran saya BTN secara paralel sebagai mortgage bank juga dikembalikan sebagai fitrah awal, yaitu sebagai bank tabungan negara yang diberikan ke anak-anak sekolah,” ungkap politisi PDI-Perjuangan ini.

Hal tersebut dinilai Indah, penting untuk dilakukan sehingga milenial dapat diberikan pendidikan dalam membantu Pemerintah dalam literasi keuangan. “Sekarang tingkat inklusi kita kan sudah tinggi tetapi literasi keuangan kita tetap rendah,” tambah Indah.

Sebagai konklusi, Komisi XI DPR RI merekomendasikan BTN terkait peningkatan Penyertaan Modal Negara (PMN) sehingga lebih optimal dalam penyediaan perumahan. Selanjutnya, Komisi XI DPR RI akan mengkomunikasikan rekomendasi tersebut kepada Menteri Keuangan agar ke depannya BTN dapat lebih meningkatkan kinerjanya sebagai agen Pemerintah dalam pembangunan khususnya di bidang perumahan bagi masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK