Menurut BMKG Begini 7 Cara Menghindari Petir

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Petir adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud) yang salahsatu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Petir dianggap cukup berbahaya, bahkan ada banyak kasus seseorang meninggal jika tersambar langsung oleh petir. Seperti halnya yang dialami oleh 8 orang peserta didik Brimob dari Pusdik Brimob Watukosek, Pasuruan, Jawa Timur, yang tersambar petir. Dari peristiwa ini, tiga diantaranya tewas. Kejadian ini berlangsung di Puncak Gunung Ringgit, Senin (16/12/2019) siang kemarin.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (17/12/ 2019) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa wilayah berpotensi hujan lebat dan hujan lebat yang disertai dengan petir. Setidaknya 17 wilayah diprakirakan berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya petir. Berikut ada tujuh cara untuk menghindari petir berdasarkan ulasan dari BMKG.

1. Jika sudah mendengar suara guntur, segera masuk ke dalam ruangan atau rumah, namun jika kamu sedang berada di luar rumah segeralah masuk ke dalam mobil.

2. Apabila kamu berada di kolam renang, segeralah naik dan menjauh dari kolam, karena sambaran petir dapat menghantarkan energi ke air.

3. Jangan berlindung di bawah pohon, apabila pohon tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh.

4. Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir.

5. Jangan berada di sawah, lapangan atau taman, karena petir akan mencari tanah untuk melepaskan energinya.

6. Apabila kamu sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.

7. Jika sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK