Ditjen Bea Cukai Cegah Kerugian Negara Sebesar Rp.48 Miliar Dari Upaya Penyelundupan Mobil dan Motor Mewah

SERATUSNEWS.ID, JAKARTA — Sepanjang tahun 2016 hingga 2019, Ditjen Bea Cukai berhasil membongkar tujuh kasus penyelundupan mobil dan motor mewah melalui pelabuhan Tanjung Priok. Dalam kurun waktu itu, ada 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor mewah berbagai merek telah diamankan oleh Bea Cukai Tanjung Priok dengan perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp.21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp.48 miliar.

Menteri Keungan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sejauh ini pihaknya berkolaborasi dengan seluruh instansi terkait dalam melakukan tindakan penertiban dan penangkapan kendaraan bermotor ilegal di pelabuhanTanjung Priok. Seperti dikutip dalam akun facebook miliknya, Selasa (17/12/2019).

“Jadi yang kami perlihatkan ini adalah barang bukti sebagian dari contoh-contoh motor yang diselundupkan menggunakan container yang masuk melalui Tanjung Priok,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, modus yang digunakan antara lain dengan memalsukan dokumen. Contohnya adalah pada tanggal 29 September 2019 Ditjen Bea Cukai menangkap dua mobil mewah, Porsche GT3RS dan Alfa Romeo yang pada dokumennya disebut sebagai impor batu bata bangunan (Refractory Bricks).

“Kami berterimakasih kepada Jaksa Agung, Menteri Perhubungan, Kapolri dan teman teman dari DPR yang hari ini ikut menyaksikan dan menyampaikan keterangan. Saya tentu berharap bahwa dukungan dari seluruh instansi tersebut akan terus berjalan. Kami semua bertekad untuk melakukan pengawalan semenjak dari penanganan kasus ini sehingga kita bisa betul-betul mendapatkan keadilan dari proses ini,” kata Sri Mulyani.

Penyelundupan barang -barang mewah ini telah mengusik rasa keadilan yang sangat dalam dari masyarakat Indonesia, tidak hanya dari sisi aspek keuangan negara namun juga aspek keadilan sosial yang akan diciderai dengan tindakan-tindakan seperti ini.

Kemenkeu berkomitmen untuk terus berupaya secara kontinu dalam memberantas berbagai modus penyelundupan sebagai bentuk penegakan hukum dalam rangka mengamankan hak-hak negara. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK