Diresmikan Jokowi, Kaltim Kini Memiliki Jalan Tol

Foto : Presiden Jokowi saat tiba di gerbang tol Balikpapan-Samarinda, Kaltim (Humas Setkab)

SERATUSNEWS.ID, KALTIM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Tol Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltin), Selasa (17/12/2019). Tol Samboja merupakan tol pertama di Pulau Kalimantan.

Dalam sambutanya Jokowi berharap, jalan tol ini, nantinya dapat memperlancar konektivitas antara dua pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan, yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis.

“Sebelum adanya jalan tol ini, jalur Balikpapan ke Samarinda, Samarinda ke Balikpapan itu memakan waktu kurang lebih tiga jam. Dengan adanya jalan tol ini, paling satu jam atau satu jam seperempat,” ujar Jokowi, seperti dikutip di setkab.go.id.

Ruas tol yang diresmikan Jokowi ini mulai dari seksi II hingga IV yang terbentang sepanjang 53,8 kilometer dari total 99,3 kilometer. Seksi II menjalar dari Samboja ke Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer.

Seksi III berada di Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 kilometer. Seksi IV sepanjang 17,95 kilometer dari Palaran-Samarinda. 

Jokowi juga berharap jalan tol ini akan mempercepat akses ke wilayah yang sudah diputuskan menjadi kawasan ibu kota negara, yakni di sebagian Penajam Passer Utara dan sebagian Kutai Kartanegara. (rls/ag)



Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK