Seniman Masuk Sekolah Parepare, Jurus Jitu Lestarikan Budaya

SERATUSNEWS.ID,PAREPARE – Mengenalkan si kecil pada budaya dan kesenian daerah tentu adalah salah satu upaya pelestarian nilai-nila budaya lokal yang memang harus terus dipertahankan hingga saat ini. Seperti gerakan seniman masuk sekolah yang saat ini diperkenalkan oleh Dinas Pendidikan Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sabtu (30/12/2019) sore, ratusan murid Sekolah Dasar (SD) tampil bergiliran menampilkan kemampuan meraka dalam menari. Bukan hanya tari tradisional, tapi juga tarian moderen serta tarian kontemporer. Ini sengaja dilakukan agar murid SD ini bisa memahami sejumlah perbedaan yang terdapat pada tarian tradisional, moderen, maupun kontemporer.

Keguatan ini digelar di lapangan Andi Makkasau sejak pukul 4 sore dan dipadati oleg warga. Tidak hanya orang tua serta wali murid, tapi juga warga sekitar yang sengaja datang ke lapangan untuk ikut menyaksikan secara langsung kemampuan murid-murid SD di Parepare ini.

Dengan penuh percaya diri murid SD ini tampil memukau dengan gerakan yang gemulai. Warga sendiri terlihat berbondong-bondong ke lokasi kegiatan untuk menyaksikan pementasan seni ini.

“Kalau persiapan memang sejak jauh hari, putri saya sendiri sepertinya tidak sabaran untuk tampil” terang Hesty salah satu orang tua murid yang putrinya ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Untuk menghemat waktu, penampilan tarian ini dilakukan secara medley, cara ini dianggap efektif sehingga membuat pementasan tari ini berlangsung semarak. (rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK