Kampung Pandai Besi Massepe Yang Fenomenal

SERATUSNEWS.ID,SIDRAP – Seperti yang anda lihat,beginilah proses pembuatan badik atau senjata tradisional Masyarakat Bugis di Kabupaten Sidenreng Rappang atau yang sering di singkat dengan kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan.Tepatnya di kelurahan massepe kecamatan Tellu limpoe.

Besi dan baja dipanaskan dengan Api kemudian disatukan dengan cara di pukul. Bagi warga massepe pekekerjaan membuat badik yang tergolong penuh resiko ini,memang sudah dianggap biasa. Panas bara api dan percikan besi panas,seakan tidak berpengaruh dengan kulitnya. dalam sehari seorang pandai besi massepe bisa menyelesaikan puluhan badik dan sejumlah alat pertanian lainnya. Seperti cangkul,parang,dan juga tombak yang biasanya digunakan warga untuk berburu hama babi,yang kerap merusak tanaman pertanian warga.

Massepe sendiri memang di kenal sebagai kampung pandai besi. Hampir seluruh penduduk kampung ini berprofesi sebagai pandai besi. Beberapa diantaranya bahkan masih menggunakan cara tradisional,untuk memenuhi permintaan pelanggannya. Jika Kaum laki laki bertugas membentuk potongan besi dan baja padat menjadi badik atau alat pertanian lainnya,kaum perempuan mempunyai tugas yang berbeda.

” Tugas perempuan itu selain dibagian pemasaran,juga mempercantik sarung dan gagang parang,banyak yang ahli mengukir diatas eadah kayu ” terang Aminah,salah satu warga Massepe.

Kebanyakan Perempuan di Massepe ini memang bertugas mengukir sarung badik dan parang dengan ukiran khas bugis,biar tampilan sarung lebih menarik. Karena sudah terbiasa,perempuan massepe ini tidak lagi membutuhkan gambar pola,tapi langsung mengukirnya dengan pisau khusus. meski jauh dari area perkotaan di kabupaten sidrap,kampung pandai besi massepe inilah yang menyuplai beragamn jenis alat pertanian di wilayah sulawesi selatan dan barat. bahkan hingga ke kalimantan. peran serta dari pemerintah kabupaten sidrap untuk mempromosikan produk lokal ini tentu patut mendapat apresisai,dimana para pengrajin ini akhirnya mampu mengenalkan produk lokal mereka ke daerah lainnya.(rdi)

Untuk melihat video lengkapnya silahkan klik tautan Kampung Pandai Besi Massepe

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK