Ribuan Barang Impor Ilegal Asal Malaysia dan China Diamankan di Pelabuhan Nusantara Parepare

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE – Sub Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), mengamankan ribuan barang impor ilegal asal negara Malaysia dan China di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Sulsel, Jumat (29/11/2019).

Barang impor ilegal berupa produk makanan, minuman, kosmetik, serta alat rumah tangga ini, diamankan polisi lantaran tak memiliki izin edar di Indonesia.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Reskrimsus Polda Sulsel, Kompol Sugeng Setia Budi mengungkapkan, barang impor ilegal dari Malaysia dan China ini, diangkut dengan menggunakan kapal penumpang swasta dari Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) ke Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulsel.

“Penangkapan ini hasil laporan Importir resmi yang resah, karena sejumlah pengusaha importir Kota Parepare hanya menyelundupkan barang mereka disela-sela barang improtir yang resmi,” ujar Sugeng, Jumat (29/11/2019).

Lebih lanjut dikatakan, barang ilegal ini diketahui milik tiga perusahaan importir besar di Sulsel, dan diduga sudah lama beroperasi.

“Tiga nama pengusaha importir yakni HI,
HS dan HA. Ketiganya merupakan pengusaha besar barang-barang impor,” ujarnya.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, ribuan barang impor itu kini dibawa ke Polda Sulsel, sementara ke tiga importir akan dimintai keterangan oleh polisi.

“Mereka menyelundup karena tidak bayar
pajak, sementara importir resmi yang terus
bayar pajak merasa dirugikan.” ujarnya. (con/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK