Bupati Soppeng Kaswadi Razak, Apresiasi Pesta Adat yang Digelar Oleh Warga Citta

SERATUSNEWS.ID, SOPPENG — Bupati Soppeng, Kaswadi Razak menghadiri pesta adat ‘Pattaungeng’ rakyat Citta, di Permandian Alam Citta, Desa Citta, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng, Jumat (29/11/2019).

Dalam sambutannya, Kaswadi Razak menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Citra, yang tetap melestarikan nilai-nilai tradisi budaya yang saat ini mulai tercetus oleh zaman

“Saya sangat mengapresiasi kepada pemerintah Citta yang telah melaksanakan pesta adat ini, yang nyata menumbuhkan semangat kebersamaan,” kata Kaswadi.

Acara ‘Pattaungeng’ ini sendiri kata Kaswadi, adalah suatu tradisi budaya yang diwarisakan secara turun temurun oleh para leluhur yang Digelar hampir setiap tahunnya.

“Sejarah munculnya 4 sumber air di Citta merupakan nikmat tuhan yang diberikan kepada kita, ini patut dimaknai dengan berterima kasih dengan pesta adat kepada dengan sang pecipta,” ungkapnya.

Sementara itu, H.Muhammad Zainuddin selaku panitia pelaksana menjelaskan, pesta adat ini salah satu rangkaian pelestarian nilai-nilai budaya yang dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong.

“Pesta adat ini bertujuan untuk mempertahankan warisan dari leluhur kita dari masa ke masa untuk anak cucu kita,” jelasnya.

Beberapa rangkaian yang Digelar dalam pesta adat ini adalah, Magere tedong, Mappadendang, Maseppe, Mattojang, Maddaga dan Tarian trdisional.

Kegiatan ini dapat terwujud atas kerjasama antara pemerintah Desa, Kecamatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta masyarakat Citta, yang diharapkan dapat dijadikan sebagai wadah silaturahim dan berkumpul bersama untuk menyaksikan berbagai pertunjukkan yang masih sangat tradisional. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK