Manfaatkan Lahan Sempit Beternak Lele

SERATUSNEWS.ID,GIANYAR – Hanya memiliki lahan sempit,bukanlah alasan untuk tidak memulai bisnis. Setidaknya inilah yang dilakukan I Putu Indra Agni Artha. Pemuda asal Desa Belega Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Bali.

Bermodalkan tanah kosong di belakang rumahnya yang hanya berukuran 4×25 meter,Remaja yang akrab dipanggil Indra Agni,membuat 8 kolam ikan untuk memulai ternak ikan lelenya.

“Bibit lelenya sekitar 25 ribu,dan sekarang sudah berumur 3 minggu,perkembangan terlihat baik”, Terang Indra Agni.

8 kolam yang dibuat Indra Agni ini terbuat dari rangka besi dengan diameter 3×1,setiap kolam diisi 3 ribu ekor agar saat dewasa ikan tidak penuh sesak di dalam kolam.

Ditanya soal perawatannya,Indra Agni mengaku sangat mudah.” Kalau perawatannya sih memang sangat mudah,diberi makan hanya 2 kali sehari dengan pakan khusus untuk usia seperti ini.” Jelasnya.

Untuk pemasarannya sendiri Indra Agni mengaku sudah ada pengepul yang siap untuk membeli hasil panennnya. “Kalau hasil panen kita sudah tidak khawatir,karena ada pegepul yang siap membeli hasil panen kita” Pungkasnya.

Pemasaran ikan lele di wilayah Gianyar sendiri memang tergolong mudah,kebutuhan akan ikan jenis ini cukup besar. Apalagi sejumlah warung makan seperti Sari Laut,di Bali kebutuhannya akan ikan lela sangat besar.

Harga ikan lele sendiri saat ini berkisar 17 hingga 18 ribu rupiah perkilogramnya. dan terus menjadi buruan pagi penikmat kuliner ikan air tawar di Bali.(rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK