Sajian Palekko Kuliner Khas Bugis di Reza Palekko

SERATUSNESW.ID,PAREPARE – Siapa sih yang tidak kenal dengan kuliner khas bugis Nasu palekko. Sajian khas berbahan dasar daging itik ini memang menjadi menu wajib yang harus di coba,saat berkunjung ke wilayah Ajattapareng Sulawesi Selatan.

Nasu Palekko sendiri konon adalah menu masakan turun temurun yang terus di lestarikan hingga saat ini. Awalnya nasu palekko hanya dimasak dengan remnpah remnpah seadanya,namun punya rasa pedas yang luar biasa. Wajar saja,soalnya kuliner ini bisa menggunakan satu hingga dua liter cabai dalam proses pembuatannya.

Namun seiring berjalannya waktu,kuliner nasu Palekko terus mengalami perubahan.proses penyajiannyapun tergantung dari selera si pembuatnya. Mereka yang tidak suka rasa pedas,akan mengurangi penggunaaan cabai pada menu palekko yang dibuatnya.

Di Kota Parepare salah satu tempat makan yang menyiapkan nasu palekko sebagai hidangan utamanya adalah Reza Palekko. tidak hanya nasu palekko,itik juga disajikan dalam bentuk yang lain. Seperti itik goreng.

“Di Reza Palekko ini kami menggunakan itik muda sebagai bahan dasar utama palekko,karena dagingnya lebih lembut,amisnya juga tidak terlalu menyengat seperti itik tua pada umumnya” Terang Tati mahmud,salah satu pakar kuliner Reza Palekko.

Menurut tati mahmud,penggunaan rempah pada menu kuliner nasu palekko saat ini memang menyesuaikan selera pelanggan. ” memang palekko identik dengan rasa pedas,tapi kami disini membuatnya dengan leve kepedasan yang sedang,untuk menambah rasa pedas,sambal memang disiapkan di tempat berbeda,jadi pelanggan bisa mengatur sendiri level kepedasan yang di inginkan,lanjut Tati.

Reza Palekko sendiri memang selalu ramain di kunjungi pecinta kuliner nasu palekko. Lokasinya yang menyiapkan pemandangan yang indah dari atas ketinggian kota Parepare,menjadi salah satu daya tariknya.(rdi)

Tinggalkan Balasan