Mahasiswa Beraksi Tolak Revisi UU KPK

SERATUSNEWS, PAREPARE — Ribuan mahasiswa lampiaskan kekecwwaan atas revisi undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan menggelar aksi turun jalan serentak hampir di seluruh wilayah Indonesia, aksi juga dilakukan di Parepare di area bundaran tugu pramuka dan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare, Selasa (24/9/2019).

Selain menyuarakan penolakan revisi UU KPK, demonstran yang membakar ban bekas di tengah jalan ini juga menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan, yang keduanya merugikan dan memberatkan masyarakat.

Gabungan Mahasiswa Parepare ini terdiri dari mahasiswa universitas Muhammadiyah (UM) Parepare, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dan sejumlah mahasiswa dari kampus lainnya melakukan aksi yang menyebabkan akses jalan tertutup selama satu jam lebih.

Kordinator unjuk rasa, Rusdi, mengatakan, aksi unjuk rasa dilakukan sebagai wujud menjawab keresahan rakyat atas RUU Pertanahan yang tidak pro terhadap petani, dan UU KPK yang dinilai melemahkan tugas dari pemberantas korupsi dan mendesak Presiden menerbitkan PERPPU KPK.

“Kita menolak segala kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat. Apalagi menjadikan Undang-Undang sebagai alat penindas rakyat. Ini diartikan, negara kita, Indonesia telah sakit,” beber Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Parepare ini.

Menurut para mahasiswa ini, dengan revisi UU KPK ini justru memberikan ruang kepada tikus-tikus berdasi tersebut melancarkan aksinya, sebab KPK tidak lagi diberi kebebasan melakukan pengintaian kepada para pelaku.

KPK untuk memberantas korupsi di negara ini. Tetapi pemerintah justru melemahkan KPK. “Hati kita tersentuh sebagai mahasiswa, dimana penyambung lidah dari rakyat untuk pemerintah,” tandasnya. (rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK