Ribuan Relawan Turut Serta Dalam Kegiatan World Clean Up Day

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Ribuan relawan World Clean Up Day Indonesia (WCDI) Kota Parrpare, Sulawesi Selatan, turut serta dalam kegiatan bersih-bersih.

Para relawan dari berbagai kalangan, mulai dari aparat TNI/Polri, mahasiswa, organisasi kepemudaan, komunitas, serta masyarakat umum yang turut ambil bagian dalam kegiatan yang dilepas secara resmi oleh Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi di Taman Mattiro Tasi Parepare, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan serentak di 158 negara ini, terkhusus di Kota parepare diprakarsai oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD) Parepare, dan akan melakukan bersih-bersih sampah di sepanjang pesisipantai Parepare, khususnya sampah plastik.

Ketua KNPI Parepare, Asy’ari Abdullah mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan pemuda dan masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai yang merupakan salah satu ikon pariwisata Parepare.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat akan lebih membudayakan hidup bersih dan mengerti akan bahaya sampah plastik,” terang Asy’ari.

Uniknya, aksi pungut sampah ini akan menyediakan sejumlah hadiah menarik untuk komunitas yang mengumpulkan sampah paling banyak.

Seperti diketahui, persoalan sampah masih jadi tantangan bagi Indonesia di tahun 2019 ini. Riset dari Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengatakan sebanyak 24% sampah di Indonesia belum terkelola. Artinya, dari sekitar 65 juta ton sampah yang diproduksi di Indonesia setiap hari, 15 juta ton mengotori ekosistem, 7% didaurulang, 69% berakhir di tempat pembuangan akhir.

Persoalan sampah akhir-akhir ini yang menjadi sorotan tajam adalah, sampah plastik, yang hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan juga negara lain di dunia. Di Indonesia, sampah plastik tak hanya dijumpai di wilayah darat saja, tapi juga sudah menyebarluas ke wilayah laut yang luasnya mencapai dua pertiga dari total luas Indonesia. (ag)

Tinggalkan Balasan