Korpolairud Baharkam Polri Amankan Ratusan Karung ‘Cakar’ di Nunukan

SERATUSNEWS.ID, NUNUKAN — Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Korpolairud Baharkam Polri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1000 karung pakaian bekas atau yang dikenal dengan istilah Cap karung (Cakar) di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Keterangan tersebut disamapikan langsung oleh komandan KP Enggang 4016 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri AKP Arya Fitri Kurniawan saaat dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan, Senin (26/8/2019).

AKP Arya Fitri Kurniawan mengungkapkan 3 orang nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) ditetapkan sebagai tersangka yaitu RW (39), NH (39), dan DW (39) serta 1.000 karung pakaian bekas yang terbagi menjadi dua yaitu 300 karung dan 700 karung.

“Dalam upaya penyelundupan tersebut berhasil kami amankan 3 orang, termasuk nakhoda beserta ratusan karung barang bukti,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada saat dimintai keterangan, tersangka menyebutkan barang kejahatan kepabeanan itu diangkut dari Pulau Sebatik. Dari pulau itu, kemudian dibawa masuk ke perairan Nunukan dan rencananya akan dibawa ke Sulawesi untuk dijual kembali. Komandan KP Enggang 416 tersebut juga menyebutkan tersangka terancam Pasal 102 junto 104 Undang-Undang No 17 tahun 2016 tentang kepabeanan.

Selain itu, AKP Arya Fitri menyebutkan, saat ini pihaknya telah menyerahkan kasus tersebutu ke kantor Bea Cukai Nunukan untuk dilakukan proses lebih lanjut. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK