Pelajar SMAN 1 Parepare Berunjuk Rasa di Sekolah

SERATUSNES.ID,PAREPARE – Siswa SMAN 1 Parepare, Sulawesi Selatan melakukan aksi mogok belajar dan berunjuk rasa di halaman sekolah setelah sebelumnya memasang spanduk di lantai 2 gedung sekolah.

Aksi unjuk rasa ini dilakukan pelajar, menuntut transparansi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang oleh pelajar dianggap banyak yang di tutup tutupi.

Seorang siswa, MI, mempertanyakan pembangunan fasilitas di sekolahnya ini. Dia menyebut perbaikan ruang kelas bahkan harus melibatkan urunan siswa. Siswa harus patungan untuk menata dan memperbaiki ruang kelas mereka sendiri.

“Bahkan untuk memperbaiki tegel (batu ubin) ruang kelas, kita sendiri yang membeli bahan, cat lapangan ini saja kita yang usahakan,” kata MI, Selasa(20/8/2019).

Selain itu, MI juga menyebut kegiatan perlombaan di luar kota juga dibiayai oleh siswa sendiri.

“Jadi sebenarnya, kami minta transparansi ke mana dana BOS selama ini diperuntukkan. Rencana Kerja Sekolah (RKS) tidak pernah dirincikan,” ujarnya.

Sementara itu Bendahara SMAN 1 Parepare, Syamsuddin, yang di temui di sela sela unjuk rasa menyebut aksi pelajar terjadi karena salah paham penggunaan dana BOS.

“Kita sudah ada RKS dan diberikan kepada ketua komite , Wakasek dan OSIS. Siswa punya pemikiran semua kegiatan didanai sekolah, dia mau samakan dengan SD dan SMP yang merupakan dana hibah, sedangkan SMA bukan dana hibah,”jelasnya.

Soal fasilitas sekolah yang rusak termasuk ruang kelas, Syamsuddin menegaskan rencana perbaikan.

“Sementara kita anggarkan. Dana yang sekarang keluar masih setengah dari dana BOS sebesar Rp 1,4 miliar,” katanya.

Aksi unjuk rasa pelajar SMAN 1 Parepare ini sendiri berlangsung tertib. Setelah melakukan aksinya, terlihat beberapa siswa kembali ke ruang kelasnya untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar.(rdi)

Untuk Melihat Video Unjuk rasanya, Klik Tautan ini : Unjuk Rasa SMA 1 Parepare

Tinggalkan Balasan