Rumah Baca dan Kreasi Qalam Produksi Rak Buku Mini

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Komunitas literasi di Indonesia terus tumbuh dengan pelbagai macam rupa dan kegiatan. Dukungan terhadap program literasi pun tak hanya datang dari pemerintah, tapi juga swadaya masyarakat yang menyadari pentingnya membaca, menulis, menganalisa, juga menghasilkan karya untuk kehidupan.

Rumah Baca dan Kreasi Qalam yang telah ada sejak awal tahun 2017 terus bertahan hingga kini. Beralamat di Jl. Amal Bakti, Kecamatan Soreang Kota Parepare, Qalam berbaur dengan kehidupan kampus IAIN Parepare yang tak jauh dari lokasinya berada.

“Rumah Baca dan Kreasi Qalam, tempat untuk menyimpan rindu apa saja. Rindu yang melahirkan gerakan keliterasian,” terang Andi Ilham Wawo, salah satu dari generasi ketiga Qalam.

“Selain saat ini Qalam memproduksi Rak Buku Mini untuk mendukung aktivitas di Qalam dan sekitarnya. Kita berharap Sekolah Bugis bagian lanjutan bisa segera kembali terlaksana,” ungkap Wawo, yang juga mengkreasikan Rak Buku Mini untuk di jual dengan IDR 35K per buahnya.

Rekam jejak digital aktivitas dari Qalam sendiri dapat dengan mudah di telusuri melalui media sosial. Awalnya berbekal beberapa buku, Qalam melapak di sudut-sudut Kota Parepare hingga saat ini telah rutin menggelar bincang, dan yang menjadi ciri khas dari Qalam adalah program Sekolah Bugis.

Editor: La Rahing

Tinggalkan Balasan