CBR250RR 2020 Bakal Punya 3 Fitur Baru

SERATUSNEW.ID – Di atas kertas, hanya Honda CBR250RR yang memiliki mode berkendara. Terlihat keren dan canggih. Padahal, pada segmen sport 250cc, motor racikan PT Astra Honda Motor (AHM) ini masih ketinggalan beberapa fitur dari rivalnya. Namun, pendapat itu segera berubah ketika penyegaran model ini hadir akhir tahun nanti. CBR250RR dibekali tiga fitur baru.

Sebutlah salah satu kompetitornya seperti Kawasaki Ninja 250. Kuda besi yang identik dengan warna hijau, sekarang punya opsi smart key system. Bahkan, Suzuki punya varian dengan sistem kunci modern itu. Bisa ditemui pada salah satu varian Suzuki GSX-R150 yang notebene berada di bawah CBR250RR.

Pun demikian dengan assist & slipper clutch. Ninja 250 sudah menerapkannya sebagai fitur penunjang keamanan buat pengendara. Ini bahkan sudah didapat oleh pemilik Yamaha R15 VVA (variable valve actuation), yang lagi-lagi tak selevel dengan motor 250cc Honda itu. Secara fungsi, perangkat itu bekerja ketika terjadinya engine brake. Saat mengoper ke gigi lebih rendah juga tak ada gejala nyentak dan menghindari risiko ban belakang mengunci. Artinya, spare part yang bekerja pada kondisi ini bakal lebih awet. Namun, perangkat itu absen di Honda CBR250RR yang notabene mengusung tagline “total control”.

Jika melihat perjalanannya, AHM memang belum memberikan pembaruan soal fitur. Justru mereka memberikan opsi dengan merilis Honda CBR250RR versi murah. Tapi, saat mendapati fakta dari rekanan kami dari zigwheels.com ini, Honda sepertinya siap memukul balik para kompetitornya dari sisi kekayaan fitur.

Melalui gambar paten yang diklaim kepunyaan Honda ini, menjelaskan CBR250RR bakal dilengkapi kunci pintar. Diperjelas lagi oleh penerapan kode K64J. Tak hanya itu, motor sport andalan Honda di balapan Asia ini juga rumornya dicekoki fitur assist & slipper clutch. Kalau melihat peruntukannya di lintasan, tentu ini menjadi perangkat yang bakal diapresiasi calon konsumen.

Ada rumor, CBR250RR terbaru turut disemati perangkat quick shifter. Nah, rumor lanjutan yang beredar, terapan tadi diduga muncul di ajang Tokyo Motor Show 2019. Dan, pameran otomotif itu CBR250RR diusung sebagai model 2020. Agak rancu mengingat motor ini sendiri merupakan buatan Indonesia. Tapi, cukup menarik jika memang Honda menyasar konsumen yang lebih luas. Terlebih dengan fiturnya sekarang.

Bekal Honda CBR250RR sendiri, sejatinya sudah cukup menggugah hasrat pecinta kecepatan. Selain punya tiga mode berkendara dan teknologi throttle by wire, Honda CBR250RR mengandalkan mesin dua silinder segaris. Keluaran tenaganya adalah 28,5 kW di 12.500 RPM dan torsi maksimal 23,3 Nm pada putaran mesin 11.000 RPM.

Jika dibandingkan dengan pesaing seperti Ninja 250 atau Yamaha R25, kemampuannya itu masih mirip-mirip. Tapi, Honda CBR250RR bakal punya nilai lebih dengan adanya smart key system, assist & slipper clutch dan bahkan quick shifter. Tinggal tunggu, berapa banderol yang ditetapkan pihak produsen nantinya.(rls/rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK