Ayo Selami Surga Bawah Laut di Spot Ibel Kepulauan Selayar

SERATUSNEWS.ID, SELAYAR — Keindahan bentang alam di Sulawesi Selatan (Sulsel), seakan tak ada habisnya untuk kita jejaki. Salah satu destinasi wisata yang paling populer dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun manca negara, adalah Kepulauan Selayar.

Spot wisata andalan di Kepulauan Selayar adalah Taman Nasional Taka Bonerate yang kini menjadi ikon wisata bahari. Takabonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 kilometer persegi.

Untuk anda yang hobi akan snorkeling maupun diving, di kawasan Takabonerate ini terdapat satu spot yang memiliki pemandangan laut yang tak kalah menarik, yakni spot ibel yang letaknya tak jauh dari perairan kepulauan Tinabo.

Spot Ibel bisa dikatakan spot unik yang ada di area Taman Nasional Takabonerate, yang unik dan menarik di spot ini adalah terumbu karang yang membentuk gundukan-gundukan seperti bukit atau yang biasa disebut dengan pinnacle. Kondisi umum spot ini memiliki kedalaman 15-25 m, dengan tutupan karang di dominasi oleh softcoral dan hardcoral.

Di awal titik penyelaman banyak dijumpai soft coral dengan tumbuh berkoloni, bentuknya seperti jamur. Ekosistem yang khas di spot ini adalah adanya hard coral berbentuk lembaran daun dengan warna kekuning-kuningan.

Arus lemah bisa tiba-tiba berubah kencang akibat pasang surut atau pasang naik air laut, hal ini akan menjadi tantangan tambahan dalam menikmati keindahan karang di spot ini. Bagimana anda tertarik? Tak salahnya jika anda berkunjung ke Sulsel, anda menyempatkan waktu menyelami keindahan bawah laut Kepulauan Selayar.

Tinggalkan Balasan