Amanda Bercita-cita Jadi Dokter untuk Bantu Orang Tidak Ada Uang

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE – Apa pertama kali yang terbersit ketika kita bersua dengan anak-anak? Menggemaskan, lucu, mengajak main, hingga menanyakan hal-hal sederhana. Beberapa pertanyaan biasanya muncul ketika sedang bercengkrama dengan anak-anak, dari menanyakan nama hingga cita-cita.

Shane Owens, seorang psikolog perilaku dan kognitif berpandangan, “bicara dengan anak-anak tentang apa cita-cita mereka, kelak mereka ingin jadi apa saat besar, tidak cuma perlu, tapi penting. Dengan begitu, kita bisa membantu anak mempersiapkan mereka untuk kehidupan ke depannya,” ungkapnya.

Salah satunya adalah Amanda, anak berusia lima tahun dan masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak. Amanda anak yang senang bermain dan juga membantu seperti anak-anak lainnya. Amanda tak malu membantu ibunya menawarkan dan melayani pembeli jagung bakar. Amanda turut membantu ibunya selain karena hendak menjadi anak yang berbakti, ternyata Amanda juga punya impian yang mulia. Amanda bercita-cita menjadi dokter untuk membantu orang yang tidak ada uang.

Ibu Tanti sedang mempersiapkan jagung bakar pesanan pembeli.

“Mau jadi dokter, untuk membantu orang yang tidak ada uangnya,” terang Amanda dengan percaya diri saat ditanyakan bercita-cita menjadi apa. Walau kehidupan Amanda pun saat ini masih dalam keterbatasan ekonomi, namun ia tetap semangat, rajin sekolah, serta tidak berhenti belajar mengaji hingga ia telah hafal beberapa surah dalam Al Qur’an begitu juga bacaan doa-doa pendek.

Orang tua, khususnya Ibu Amanda sangat khawatir tak mampu mewujudkan cita-cita anaknya, sebab ia hanya seorang penjual jagung bakar di pinggiran jalan tanggul Cempae dengan penghasilan yang tidak menentu dan terhitung minim bahkan untuk kehidupan sehari-hari. Terkadang jika dagangannya tidak laku terjual, jagung bakar itu ia berikan sebagian kepada Amanda sebagai santapan makan malam. Ibu Amanda berprinsip, meski hidupnya serba kesulitan, ia enggan untuk menegadahkan tangan meminta-minta. Dan oleh karena itu ia harus berusaha sekuat tenaga berjualan walau hingga larut malam.

Amanda dan keluarganya tinggal di Cempae, Kecamatan Soreang Kota Parepare – Sulawesi Selatan, tak jauh dari Rumah Kopi Sweetness tempatnya selalu mendapat ruang untuk menjajakan jagung bakar pedis manis buatan ibunya.

Editor: Ibrah La Iman / Abdillah MS

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK